Korean Wave

Kali ini aku akan mengulas kenapa wabah korean wave bisa meluas sampai sekarang. Korean wave yang aku maksud disini adalah tentang drama-drama korea Selatan beserta seleb-seleb hallyu dan musik-musiknya yang disebut k-pop yang sekarang sedang digilai tidak hanya di korea tetapi juga di Asia bahkan di benua-benua lain. Pada akhirnya akupun ikut terjangkit pesona dunia hiburan dari negeri ginseng tersebut.

Aku menyukai semua-semua drama asia baik dari taiwan, jepang ataupun  korea begitu juga dengan film-film lepasnya, untuk drama dari taiwan sebut saja kabut cinta yang pada waktu itu ditayangkan di salah satu stasiun tv (aku lupa) saat aku duduk di kelas 3 SD dan soundtracknya yang berjudul haoxiang haoxiang tetap easy listening di telingaku sampai sekarang. Kabut Cinta yang di bintangi Vicky Zhao Wei berhasil membuat aku nongkrong di depan tv jam 8 malam kalo ga salah (waktu WIT) untuk nonton drama tersebut, hampir sama rasa senangnya saat nonton Amigos X siempre. Tetapi karena tv q memakai program bilingual drama kabut cinta sukses aku nonton dengan bahasa mandarin  dan aku tidak tau cara mengubah sistem bilingual tersebut. Dengan terpaksa tiap malem aku hijrah di rumah tetangga untuk menonton drama kabut cinta, atau tidak jika tidak sempat menonton (malu lah tiap malem numpang nonton mulu), esok paginya di sekolah aku menagih cerita dari teman-temanku yang menonton.

Puteri Huanzhu 1,2 dan 3 (drama taiwan bersetting kerajaan yang pertama ku tonton), at the dolphin bay (Sweet drama yang bercerita tentang mimpi seorang penyanyi), MVP Lover (Drama paling keren yang pernah aku tonton dengan inti cerita seputar pemain basket dan grup 5566 yang cakep-cakep), Westside Story, romantic princess (Dramanya Personel Fahrenheit), they kiss again, twins 100% senorita dan meteor garden 1 dan 2 (ini drama yang berhasil membuat demam F4 di seluruh asia tenggara dengan pesona  para bintangnya Jerry Yan, Vic Zhu, Ken zhu dan Vanness Wu) adalah drama-drama taiwan populer yang penayangannya tidak pernah aku tinggalkan saat aku duduk di bangku SD dan SMP.

Drama Korea pertama yang aku tonton adalah Endless Love, ini drama juga lah yang mengilhami drama-drama korea lain bercerita tentang penyakit yang mematikan yang akhirnya memisahkan aktor dan aktris utamanya dan penukaran identitas sewaktu bayi. Cerita yang mengharu biru dan bersetting musim gugur dan akting para pemainnya yang membuat drama ini meraih popularitas di negerinya, begitu pula di Indonesia demam drama ini bergaung hebat dan membuat banyak orang jatuh cinta dengan drama korea. Sama seperti Winter sonata yang juga diputar di stasiun tv swasta yang meraih rating bagus selama pemutarannya di Indonesia. Winter Sonata juga adalah drama korea yang akan menguras airmata kita tetapi anehnya walaupun termasuk drama cengeng tetapi semua orang sangat suka terutama kaum hawa.

Setelah itu drama Korea mulai merajai stasiun tv swasta yaitu Indosiar yang rutin memutar drama korea sampai sekarang. Seperti Full House (ini juga drama korea yang mencetus tentang istilah kawin kontrak), Princess hours, Sassy Girl, 18 vs 29, Memories in Bali, Stairway to Heaven, Sorry I Love You, A Love to Kill, Lover in Paris, Prince Hours, Worlds Within, Sad Love Story, Loving You, My Girl, Silence, Wonderful Life, Jewel in The Palace, Hello! My Lady, My Name is Kim Sam Son, Coffee Prince, Boys Before Flower, Brilliant Legacy, The Great Queen of Seondeok, Style, Mr. Goodbye, My Fair Lady, Jumong, You’re Beautiful, Cinderella Sister, Still Marry Me dan yang sedang diputer sekarang adalah Becoming a Billionaire (mian ne jika ada drama yang ga kesebut, soalnya drama-drama diatas yang aku udah tonton). Penggemar drama korea di indonesia yang sangat banyak yang membuat stasiun ini tetap menjaga rutinitas pemutaran drama asia khususnya drama korea. Dan di Oktober 2010 ini juga salah satu stasiun tv swasta yaitu Trans 7 memutar  drama korea  yang berjudul Personal Taste (Lee Min Ho dan Son Ye Jin) yang sekrang sudah selesei penayangannya, akan tetapi hingga sekarang stasiun Trans 7 tidak melanjutkan pemutaran drama-drama asia yang lainnya.

Menurutku drama-drama Korea Selatan digemari karena alasan:

1. Akting para pemainya yang sangat berkualitas. Pemilihan karakter sangat pas dimainkan oleh aktor dan aktrisnya baik peran protagonis ataupun antagonisnya. Di dukung oleh wajah-wajah Fresh yang tampan dan cantik membuat drama korea berhasil mencuri perhatian penonton.

2. Dari segi cerita umumnya drama korea bercerita tentang 4 pemain terdiri dari 2 lelaki dan 2 wanita yang terlibat cinta persegi dan pada akhirnya cinta segitiga hingga cinta sejati antara aktor dan aktris utamanya. Selain konflik percintaan, konflik mengenai keluarga juga mendominasi inti cerita baik mengenai harta warisan, dendam pribadi, tidak direstui hubungan oleh ortu sampai mencintai adik tiri, adik angkat dsb. Selain itu drama korea di kenal dengan drama penuh perjuangan, dimana sang tokoh utama berusaha meraih cita-citanya, berusaha sekuat tenaga agar hubungannya direstui oleh orang tuanya, berusaha menjadi yang terbaik dan usaha-usaha lain untuk mencapai keinginannya. Dan juga selalu ada kisah tokoh yang pergi ke luar negeri dan dari luar negeri datang ke korea.

3. Budaya. Drama korea tidak pernah meninggalkan budaya aslinya. di dalam drama korea bersetting kerajaan seperti Jewel in The Palace, Jumong, Queen Seondeok, Prince/s Hours budaya korea amat terasa kental dari setting tempat, busana, hingga alur ceritanya. Setting tempat di drama korea juga sukses membuat tempat tersebut menjadi objek pariwisata seperti Pulau jeju, hampir semua drama korea mengambil salah satu setting tempat di pulau jeju. Kafe di Coffee Prince kini sukses menjadi kafe sungguhan yang di kelola dengan settingan yang serupa di dalam drama. Museum Teddy Bear yang ada di Princess Hours kini menjadi salah satu tempat yang wajib di kunjungi di korea selatan, Dan masih banyak tempat lainnya. Ada juga beberapa kebiasaan yang hampir selalu ada di drama-drama korea seperti Minum soju, Makan Mie, Karaokean, Main Kartu yang selalu di selipkan oleh sang sutradara.

4. Fashion and Gadget. Di drama-drama korea selalu menampilkan pakaian-pakaian pemain yang sangat fashionable seperti di Style, BBF. Berkat para aktor dan aktris tersebutlah yang membuat booming produk-produk yang mensponsori para bintang tersebut. Begitu juga dengan gadget yang dipakai seperti Handphone dan mobil-mobil mewah yang sering menghiasi sebuah drama. Kerjasama yang sangat apik antara produsen produk gadget tersebut dan drama tersebut. Jika drama tersebut sukses, maka seluruh gadget yang ada dalam produk tersebut pun akan terkena keuntungannya.

Dan masih banyak alasan mengapa drama-drama korea tidak pernah kehilangan penggemarnya.

Musik-musik Korea atau dikenal dengan nama K-POP juga mewabah di kwasan Asia. Konsep industri musik Korea Selatan seperti Girlband dan Boyband yang menjelma menjadi idola yang di gandrungi oleh remaja-remaja di Korea selatan maupun di dunia. Agensi-agensi besar di korea yang menggawangi artis-artisnya secara profesional sebelumnya mengadakan Trainee untuk artis-artisnya selama beberapa tahun sebelum akhirnya dilakukan debut. Saat masa training pun mereka di latih menyanyi, menari dan berakting, bahkan mereka di sekolahkan hingga keluar negeri untuk belajar bahasa Asing. Itu yang membuat mereka tidak hanya bermodal tampang saja akan tetapi juga bermodal kualitas yang sangat baik dan profesional. Konser-konser yang diadakan hingga ke luar negeri jugalah yang membuat girlband dan boyband menjadi populer. Setiap konser yang diadakan dihadiri banyak penggemar dan tiket yang terjual akan sold out dalam waktu singkat bahkan dalam hitungan JAM (waaww).

Bukti lainnya adalah saat peluncuran album, album-album tersebut akan laris terjual beribu-ribu kopi dalam waktu beberapa hari. Why ?? Karena dengan kita membeli album original si artis, maka kita turut mendukung idola kita menjuarai chart musik dan menjuarai beberapa penghargaan. Untuk info saja, di Korea Selatan ada beberapa ajang penghargaan bergengsi yang menilai berapa banyak penjualan album fisik dan digital terjual, seperti contohnya: Golden Disk Award, MAMA, Seoul Music Award, Melon Music Award dsb. So, wajar banged kalo Korea Selatan sangat mengharamkan pembajakan *lebei*. Jadi intinya selama seseorang masih disebut fans, maka dia akan selalu mendukung idolanya sampai kapanpun.

Begitu juga dengan MV yang baru dirilis yang diunggah oleh official resmi sang artis di youtube dalam waktu jam sudah di  views oleh beratus-ratus orang bahkan dalam waktu sehari bisa mencapai sekitar 1 juta orang yang melihat MV tersebut (speechless).

Boyband Favoritku yang sekarang lagu-lagunya memenuhi playlistku yaitu Super Junior, Big Bang, 2PM, SHINee, JYJ. Sedangkan Girlband Favoritku adalah SNSD, Wonder Girls, 2NE1, f(x).

Okeee sekian dulu postingan kali ini.

Gomawo.

Keep Cheerful🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s