[Sinopsis] Secret (Taiwan Movie 2007)

Ni Hao \(‾▿‾\)

Aku baru nemu video permainannya battle pianonya Jay Chou dalam film Secret. Gara-gara liat video itu makanya aku mau ngepost. Nih film udah lumayan lama dari tahun 2007 .

Dan aku nontonnya baru pas tahun 2010 kemaren di salah satu chanel tv kabel yang muterin film-film asia, kebanyakan sih yang diputer film hongkong dan taiwan. Dan kenapa aku mau ngepost tentang film ini, karena aku suka dengan alur ceritanya yang di endingnya bikin surprise. Emang sih udah basi banged kalo di bahas sekarang tapi karena aku suka yaa aku bahas deh.

Dari covernya sendiri yang sudah terlihat bahwa film ini bergenre romantis, dengan partitur musik menghiasinya. Yup film ini mengambil setting di sekolah musik dan jalinan kasih siswa dan siswinya, yaa this is simple story . Di film ini kita akan meyaksikan permainan pianonya Jay Chou yang keren abis.Film ini di bintangi Jay Chou (kungfu dunk, initial D, the treasure hunters) dan Kwai Lun Mei. Oiaa dari wikipedia Jay Chou yang aku baca, di tahun 2011 nanti bakal ada secret 2. Film ini juga di sutradrai oleh Jay Chou sendiri, he is multi-talented artist, from Singer, musician, songwriter, composer, record producer, rapper, deejay, music video director, film director, music arranger, model, screenwriter until actor.Film ini bercerita tentang  Xiao Lun (Jay Chou) seorang siswa baru sekolah musik Tamkang Secondary School yang sedang mencari dimana ruang kelasnya, dan saat itu dia mendengar alunan piano dari sebuah  ruang kelas yang kosong yang berisi sebuah piano tua. Pada waktu itulah Xiao Lun bertemu dengan Xiao Yu (Kwai Lun Mei). Singkat cerita mereka jatuh cinta, karena keduanya mempunyai hobi bermain piano di ruang kelas gedung lama sekolah tersebut dan sama-sama menyukai old music.

Saat mereka bermain piano, Xiao Yu menunjukan sebuah buku musik tua yang tersimpan di bawah piano tersebut. Xiao Yu mengatakan lagu ini hanya bisa di mainkan di piano tua ini, jika kau memainkannya dengan nada lembut kau akan pergi melihat masa depan dan ketika kau memainkannya dengan nada cepat maka kau akan menemukan jalan pulang (aku rada-rada lupa dengan dialog ini). Pada waktu itu sih Xiao Lun gag ngeh dengan yang di omongin Xiao Yu.

Konflik cerita dimulai pada saat Xiao Yu gag sengaja melihat Qing Yi (Alice Tzeng) teman sekelas mereka sedang mencium Xiao Lun yang sedang menutup mata di ruang piano tersebut (sebenarnya Xiao Lun gag tau kalo yang nyium dia adalah Qing Yi, karena yang dia harapkan datang adalah Xiao Yu). Dari situ deh Xiao Yu mulai sering tidak masuk kelas dan menghindar dari Xiao Lun tepatnya gag menghindar tetapi menghilang. Xiao Yu bener-bener bagai hilang di telan bumi. Saat Xiao Lun mencoba menemui Xiao Yu di rumahnya , ibu Xiao Yu hanya mengatakan Xiao Yu tidak ingin bertemu dengannya. Saat wisuda, Xiao Yu sempat hadir karena pada saat itu Xiao Lun sedang bermain piano namun kemudian Xiao Yu pergi lagi. Karena itulah Xiao Lun menjadi tidak bersemangat, teman-temannya pun mengkhawatirkan keadaan Xiao Lun. Xiao Lun pun bercerita kepada teman-temannya mengenai Xiao Yu. Dan ternyata apa respon dari teman-temannya . .

Hemm . . sebenernya kalo diceritain gag bakal secret lagi, tapi karena tujuan aku nulis ini adalah mengulas film tersebut yaa aku critain deh ampe ending.

Respon teman-temannya adalah “Xiao Yu itu siapa”?, Yupp teman-temannya ga tau Xiao Yu itu siapa. Xiao Lun akhirnya menceritakan pertemuannya dengan Xiao Yu dari Xiao Yu yang masuk ke kelas Xiao Lun, mereka menari bersama, saat ngobrol di lorong sekolah sampai mereka bermain piano bersama. Dan teman-temannya mengatakan selama ini yang kita lihat kau selalu sendiri, saat kau menari pada pada pesta dansa kau menari sendiri, saat kau bermain piano kau bermain sendiri, dan kau sering tersenyum-tersenyum sendiri. Kita berpikir bahwa kau sakit jiwa.

Di filmnya juga ditampilkan flashback scene-scene yang dikatakan teman-temannya (aku juga berpikir bahwa Xiao Lun berhalusinasi dan selama ini dia bergaul dengan hantu wanita bernama Xiao Yu that’s my think).

Xiao Lun yang sedikit stress (hahaha menurutku) curhat kepada ayahnya yang diperankan oleh Anthony Wong. Xiao Lun hanya bercerita tentang gedung tua yang berisi piano tua, sang Ayah pun menunjukkan buku musik tua (yang pernah ditunjukkan Xiao Yu kepada Xiao Lun) kepada Xiao Lun. Dari situ Otak Xiao Lun flashback ke kata-kata Xiao Yu mengenai mitos buku tersebut. Dengan sekuat tenaga Xiao Lun berlari ke gedung tua tersebut yang pada malam hari itu juga akan di hancurkan oleh sekolah karena sudah lama tidak terpakai. Xiao Lun pun menerobos kerumunan pekerja dan masuk ke ruang kelas memainkan lagu yang ada di buku tua tersebut, sambil mengingat kata-kata Xiao Yu dia pun mulai memainkan lagu tersebut dengan tempo cepat di iringi gempuran traktor pengahancur tembok-tembok tersebut.

Di waktu yang sama, Ayah Xiao Lun yang masih bingung dengan kondisi Xiao Lun melihat isi buku musik tua tersebut, di akhir buku terdapat lipatan di pojok atas kertas yang bertuliskan nama Xiao Lun. Flashback sang ayah pun kembali berputar ke tahun 1979 mengingat seorang gadis bernama Xiao Yu yang memberikan buku ini kepada Ayah Xiao Lun yang pada waktu itu menjadi guru olahraga untuk menjaga buku ini. Xiao Yu adalah siswa sekolah musik yang tidak memiliki teman karena dituduh gila karena berpacaran dengan seorang laki-laki di masa depan yaitu si Xiao Lun (gara-gara ketua kelas ember yang membocorkan rahasia Xiao Yu kepada teman sekelas). Ayah Xiao Lun lah yang menjadi tempat curhat Xiao Yu mengenai kisah cintanya dengan pemuda masa depan.

Kembali ketahun sekarang, Ayah Xiaolun pun yang langsung sadar bahwa pemuda yang selama ini dicintai Xiao Yu adalah putranya sendiri, ayah Xiaolun berlari mengejar Xiaolun ke gedung tua untuk menghentikan permainan piano Xiaolun tapi langkahnya di hentikan para pekerja karena gedung tua tersebut sudah hancur. Kembali ke Xiaolun, saat dia bermain piano di nada terakhir tepat dengan gempuran traktor menghantam ruang kelas tersebut (keran banged efek tembok berputarnya dan perubahan kondisi di sekitar Xiao Lun saat dia bermain piano). Xiao Lun pun tetap berada di hadapan piano tersebut, hanya saja kondisi ruang kelas yang sangat berbeda  dan terkesan kuno. Yupp, Xiao Lun kembali ke masa Xiao Yu. Di saat yang sama saat Xiao Yu sedang berada dikelasnya, dia melihat Xiao Lun sedang tersenyum lebar ke arahnya dari luar kelas. Di ending film di perlihatkan bahwa Xiao Lun sedang berfoto di halaman sekolah saat wisuda dengan Xiao Yu disisinya. Finish.

Gimana menurut kalian ? Yang aku bisa simpulkan adalah:

1. Xiao Yu dan Xiao Lun memang berbeda zaman hidupnya Xiao Yu di tahun 1979 dan Xiao Lun di tahun 1999 (berbeda 20 tahun). Yahh seperti Time travel ato penjelajahan waktu.

2. Alur cerita ini gag mudah ditebak, awalnya juga aku berpikir kalo Xiao Lun itu berhalusinasi dengan hantu Xiaoyu. Tapi tenyata Xiao Yu benar-benar ada hanya saja hidup di masa yang berbeda.

3. Ini film ngga tau Happy ending atau Sad Ending. Kalo Di bilang Happy Ending juga bisa karena akhirnya mereka berdua bersatu kembali. Kalo di bilang Sad Ending juga bisa soalnya kan Xiao Lun ninggalin Ayahnya, yaa walopun di tahun 1979 mereka bakalan ketemu tetapi Sang ayah masih jadi guru dan belum menikah, dan tentunya tidak akan mengenal Xiao Lun.

4. Kalo di hitung-hitung kemungkinan Xiao Yu itu masih hidup di tahun 1999 mungkin dia berumur sekitar 40an tahun. Tetapi di film juga di ceritakan kalo Xiao Yu itu meninggal di usia muda (gatau sakit ato stress gara2 ketua kelas yang ember itu).

5. Dari awal sebenarnya kalo di perhatikan Xiao Yu itu cuman berkomunikasi sama Xiao Lun doang loh (di tahun 1999), dan aku juga baru nyadar dengan adanya flashback itu. Xiao Yu juga menghitung jumlah langkah kakinya dari ruang piano ke ruang kelas Xiao Lun, agar dia tidak lupa yang mana kelas Xiao Lun.

6. Permainan Piano Jay Chou sangat keren, baik yang dia duet dengan Xiao Yu ataupun saat dia battle dengan Master Piano di sekolahan tersebut. Efek komputerisasi juga bagus saat semua dinding berputar dan berubah ketika mereka memainkan lagu tersebut.

===================================
Trailer Secret

Video Piano Battle Xiao Lun dengan Master Piano

Video Piano Duet Xiao Lun dan Xiao Yu

Source: wikipedia.org ; youtube

22 thoughts on “[Sinopsis] Secret (Taiwan Movie 2007)

  1. Setelah menonton film ini 3x
    kenapa tukang sapu bisa lihat ?
    karena saat Qiao yu mau nemuin Qiao lun di piano tua, waktu Qiao yu buka pintu gk sengaja yg muncul di depan dan dilihat pertama kali itu si tukang sapu, lalu dia bilang ‘ Maaf aku menggagalkanmu lagi Qiao yu..

    karena yg dilihat pertama itu adalah takdir ( terlihat oleh Qiao yu) , dan setelah kejadian salah cium, itu Qiao lun pergi mncari Qiao yu tapi gk kelihatan .. padahal Qiao yu cuman bersembunyi di balik pintu yg ada kacanya.. itu karena Qiao lun bukan pertama yg dilihat.. jadi gk bisa melihat Qiao yu

    dan Qiao yu mati atau enggk.. saya rasa dia meninggal kena asma waktu nulis teks di meja, tapi karena Qiao lun kembali sebelum Qiao yu menemukan buku.. jadi dia masih baik2 saja dan smpai wisuda dia berdua bahagia..

  2. Duhh baru nonton film ini tahun 2014 hahahaha
    cuma nggak ngerti sama satu hal, kalo si xiao lun time travel, kenapa dia bisa dilihat semua orang, nggak kayak xiao yu yang cuma bisa dilihat sama orang pertama yang dia liat? Soalnya difoto wisudanya, gambar xiao lun ada, berarti dia exist kan.

  3. hahahaha, yang paling bener adalah konsep bahwa yg pertama diliat Xiao Yu pertama kali yg hanya bisa melihatnya. contoh sebelum battle dg pangeran piano yang dilihat Xiao Yu adalah Ching Yi, jadi Ching Yi lah yg saat itu hanya bisa melihat Xiao Yu. dst, termasuk si tukang sapu. begitu kawan2. n menurut gw, pasti Xiao Lun kelmbali ke masa lalu 1979 sebelum Xiao Yu menemukan buku “secret”.. kalo dari cerita itu secara logika pasti masa depan berubah juga kan? mungkin pak Guru yang di masa 1999 ayah Xiao Lun bisa megngenal dan bertemu Xiao Lun yg adalah anaknya di Masa 1999. sudah pasti semua yang di masa 1979 berubah gan. ceritanya dimulai kembali sejak Xiao Lun balik ke masa 1979 sebelum Xiao Yu menembukan buku “secret”. kalo sudah balik ke cerita Xiao Lun ke masa lalau 1979 bersama Xiao Yun, itu cerita keseluruhan jadinya Happy Ending kan? akhirnya dimulai lagi kisah romansa mulai tahun 1979. demikian pendapat gw

  4. Overall ni film bisa ngacak-ngacak perasaan, keren bgt
    tp nih smp skrg gw msh penasaran ama cerita nya
    pas endingya, kan si cow(thn 1999) kembali menemui si cew(thn 1979), tp ko pas udh ktmu si cew malah diem ja ng pelukan or sedih gt, kyk ng kenal
    n satu lg knp si cew ny belum mati yah

    apa si cow sedang ada dimensi yg baru di tahun 1979, bukan dimemsi dari si cew ny
    mksudnya mrka tetep ktmu tp di dimensi masa lalu yg beda
    bingung gw😦

    • coba deh perhatiin ekspresi si cewek.. dy sedih, atau lebih tepatnya kesepian karna dalam kelas dia belajar sendirian..
      berarti si cowok datang ke masa lalu sebelum si cewek berhasil ke masa depan..
      kalau di masa depan si cewek yang kekeh rebut perhatian si cowok.. berarti sekaranglah saatnya si cowok ngambil perhatian si cewek….
      menurut saya begitu..😀

  5. , ikut coment chingu, hemm…pertama liat film ini aku juga bingung, tapi setelah nonton dr awal sampai akhir aku baru paham, kayaknya Xiao Yu itu dimasa lalu meninggal gx cuma gara-gara stress, tapi karena dia memang punya penyakit asma kan ya?? yahh…walaupun endingnya msh sedikit ganjel, agak sedikit gx rela sih pas liat Xiao Lun mutusin buat pergi ke masa lalu (tahun 1979) dan ninggalin masa (tahun 1999),dan dia gx bisa kembali ke masa 1999 karena alat penghubung antar dua masa itu udah rusak, piano itu kan kuncinya? masalah musiknya, kan mereka udah inget diluar kepala, kalau bukunya ilang toh mereka juga msh bisa menjelajah waktu kalau pianonya masih ada, tapi pianonya malah ikut dihancurin bareng gedungnya, hemm….jadi di masa 1999 orang tua Xiao Yu dan Xiao Lun pada-pada hidup sendiri nuh ya, kasihan,…

  6. yah yang bikin bingun :
    – si tukang sapu bisa ngeliat xiau yu ( mungkin karena tukang sapu kenal pada masa ’79 )
    – si ching yi ngobrol sama sapa pas nonton battle nya pangeran piano sama xiao lun.
    – saat sebelum xiao lun dan xiao yu ciuman di atas rumah, perempuan di jendela itu siapa, dan mengapa diem aja??

    – koek pas xiao lun ngasih kertas ke belakang, gw ngeliatnya si ching yi ngasih ke belakangnya.

    DAN GW YAKIN, saat xiao lun ke masa 79, xiao yu dalam keadaan gak kenal sama xiao lun, KENAPA ?, karena …
    1. kenapa seseorang yang sangat disayangi xiao yu ke masanya, kenapa dia cuma senyum aja, gak ada responnya ( yah kayak, pelukan atau ciuman )
    2. sebelum xiao lun ke masa xiao yu, SUDAH WISUDA, dan Sudah Mati ( saat di meja ).
    3. trus setelah xiao lun ke masa xiao yu, kenapa WISUDA LAGI.

    jadi intinya INI KEJADIANNYA BERBALIK,
    dari si Xiao Lun gak kenal sama Xiao Yu, gantian jadi Xiao Yu gak Kenal sama XIao yu.

    mohon reply

    • tukang sapu itu kan dia masih muda dah kenal sama xiao yu ,yg waktu xiao yu di kucilin sama tmn2 sekelasnya di jaman 1979 itu sampe berhenti sekolah kan dia yg ngebelain

      ching yi kan emang suka sama yie xiang lun , jadi kagum dia mungkin jadi ngungkapin sendiri ,kayak kita2 klo lihat cwe/cowo cantik bilang wow cantik / ganteng gitu aja simple

      itu ibunya Xiao yu , mungkin kan dia memikirkan xiao yu yg nga kembali2

      lihat videonya jelas2 gan bukan ching yi😀, kita ke flashback ke semula ,lihat pas xiao yu masuk kelas di tahun 1997 yg dia pura2 belajar dan menyalamin , di menit ke 3.59 kan xiao yu duduk di belakangnya ching yi dan di depannya ching yi itu ada cwe 1 lagi gan dan di depannya cewe itu cowo yg bareng sama ching yi pas balik di menit ke 5.31 yg yie xiang lun teriak nanyain namanya xiao yu pas belom kena ,tp yg jawab ching yi karna kan ga pada ngelihat xiao yu

      kan xiao yu belom menemuin buku secret itu dan masih hidup normal gan ,dan xiang lun kan emang dia inget di mana dan di saat bersama xiao yu di tahun 1997, di tahun 1979 kan xiao yu kan di sangka gila , dan di tahun 1997 xianglu yg di sangka gila sama tmn2nya kebalik aja gan

      gimana mau nyapa gan kan emang dia belom kenal xiao yu karna belom menemukan buku secret itu
      kembali ke jawaban di atas sama aja

      klo di pikir2 sih xiao yu masuk ke dimensi lain lagi bukan ke jaman 1979 ato ke 1997 dia ke di mensi lain , kan ibu nya xiao yu kan bilang ke xiang lun pas xiang lun ke rumah xiao yu yg ngobrol sama ibunya xiao yu ,ibu nya bilang xiao yu tak perna kembali lagi , klo dia meninggal di tahun 1979 pas di sekolah kan pihak sekolahnya pasti beritahu ,

      itu film di perpendek ,intinya pas xiang lun ke tahun 1978 itu pas belom wisuda gan dan di persingkat(di perpendek) langsung ke wisuda

      • owh yg pertanyaan ke 2 saya rilis dikit, iya karna kan yg pertama di lihatnya xiao yu orang yg bisa ngelihat dirinya, mangkanya xiao yu selalu mengitung setiap langkah supaya yg pas di lihatnya pertamanya itu xiang lu

  7. guys, kenapa tukang sapunya dan ChingYi bisa melihat dia (sesaat sebelum duel piano, padahal disitu Xiao Lun sedang menyapu pandangan) karena siapapun yang pertama kali dilihat Xiao Yu juga akan bisa melihatnya. That’s why Xiao Yu menutup matanya dan menghitung 108 langkah ke arah kelas Xiao Lun agar ketika dia membuka matanya, Xiao Lun juga bisa melihatnya.

    Sesaat sebelum ChingYi mencium Xiao Lun, si tukang sapu tak sengaja terlihat oleh Xiao Yu yang terkejut dan tiba-tiba membuka matanya, oleh karena itu, dia juga bisa melihat Xiao Yu berlari, sementara Xiao Lun tidak.

    ChingYi juga begitu, Xiao Yu melihat tak sengaja dirinya saat dia berhenti menghitung langkahnya dan berharap melihat Xiao Lun. Setelah battle piano selesai, Xiao Lun masih sempat terheran melihat ChingYi berbicara sendiri. itu karena dia tidak bisa melihat Xiao Yu, sementara ChingYi bisa.

    Gw nyesel kenapa baru nonton film ini sekarang..menurut gw, film ini masterpiece.

  8. Krn setiap,yg diliat xiaou yu pertama kali bisa liat dia krn itu tkang sapu itu bisa liat xiou yu…persis xiau you nonton battle piano breng xing yi…yg prtma liat xiou yu kan xing yi…

  9. IKUtan nimbrung..menurut aku yang pertama diakan meninggal karena sesak napas di kelasnya pas dia balik dari tahun 1999 untuk nemuin xiao lun pas perpisahan/wisuda karena xiao lun janji mau ngasih tau lagu buatannya buat xiao yu..nah xiao lun kan kembali kekelas yah tapi xiao yu nya gx ada trus di bangku kan ada tulisan aku xiao yu aku mencintaimu apakah kamu juga mencintaiku,,.xiaolun mau bales tentu aja gx bisa orang dia di masa kini..trus menurut aku yg ke2 kenapa tukang sapunya bisa ngeliat xiao yu karena diakan sakit mentak coba aja liat kayak orang idiot biasanyakan org2 kayak gitu bisa ngeliat setan..katanya…tapi seru yah..sekarang udah 2012 mana secret 2nya..gx mungkin ada da walau adapun pasti beda pemain soalnya kan xiao yu ma xiao lunnya udah bersatu..mau nyeritain apaan lagi coba..🙂

  10. ikut nimbrung…
    sister, mnurut gw xiao yu ga jadi meninggal. karna dia kmbali bertemu jay dimasa lalu. sblmnya kan diceritakan sejak xiao yu patah hati pnyakit asma nya makin parah. nah, coba ingat bgmn kondisi xiao yu waktu bertemu rain di masalalu, masih baik2kan? nah itu berarti pertmuan mreka dimasalalu trjadi sbelum xiao yu mnemukan buku itu, kondisi kesehatannya jg masih dlm keadaan baik, seisi kelas pun blm mnganggap dia gila. jd xiao yu ga stress, sakit n mninggal. happy ending kan? gmn?

    • iyaa tergantung orang yg nonton ini dari persepsi mana,,
      film ini menyeting dari 2 waktu tahun 1979 dan 1999, Xiao Yu itu ga jadi meninggal dan temennya berhenti ngejek dia gila karena Xiao Lun pergi ke masa 1979 dan ucapan Xiao Yu tentang pacar masa depannya yg bener2 ada memang sungguhan.
      Nah, kalo di setingan tahun 1999 (sebelum Xiao Lun pergi ke masa 1979) Xiao Yu itu udah meninggal muda karena stress.

      kalo kamu bilang Xiao Yu ga jadi meninggal memang benar karena akhirnya Xiao Lun pergi ke masanya Xiao Yu.
      Tapi Xiao Yu meninggal juga benar kalo dilihat dari waktu 1999 di mana Xiao Lun belum balik ke masa Xiao Yu.

      Jadi kunci utama penghubung dunia mereka adalah buku musik dan piano tua, nah coba kalo gedung tua itu udah diancurin sebelum Xiao Lun datang otomatis mereka ga bakalan ketemu kan (masa 1999 akan terus berlanjut).
      Tapi di endingnya Xiao Lun berhasil pergi ke masa 1979, dan gedungnya udah diancurin itu berarti Xiao Lun ga akan bisa kembali ke masa 1999 (Xiao Lun akan menjalani masa 1979 sampai tua bersama Xiao Yu disisinya).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s