Apa sih HIV/AIDS ??

Mungkin uda telat sebulan kalo aku ngepost tentang AIDS, karena harusnya bulan kemaren tepatnya tanggal 1 Desember pas Hari AIDS sedunia. Tapi namanya informasi ga kenal waktu kan? apalagi tentang HIV/AIDS ini, yang ga semua orang antusias tentang topik ini. Hampir semua orang didunia ini memandang sebelah mata tentang HIV/AIDS yang mereka kira adalah sama. Padahal HIV dan AIDS adalah 2 hal yang berbeda. Belum lagi tentang ODHA yang sudah pasti dikucilkan dan mendapat sanksi sosial dari lingkungan sekitar, padahal belum tentu mereka terjangkit penyakit ini karena ulah mereka sendiri.

Seperti diketahui bersama, permasalahan HIV dan AIDS bukan saja menjadi masalah nasional akan tetapi sudah menjadi masalah global karena lebih dari 40 juta jiwa manusia di dunia hidup dengan virus mematikan itu.

Di Indonesia sendiri, tidak ada provinsi yang dinyatakan bebas dari HIV dan AIDS. Bahkan diperkirakan saat ini HIV dan AIDS sudah menjangkit di lebih dari separuh kabupaten/kota di seluruh tanah air. Masih banyak orang yang belum mengerti perbedaan HIV dan AIDS. Pengertian kedua istilah ini kerap disamaartikan. Seseorang yang diketahui positif mengandung HIV dianggap sebagai pengidap AIDS. Padahal ia masih sehat dan belum menunjukkan gejala apa pun.

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah sekumpulan gejala dan infeksi atau sindrom yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). AIDS adalah sindrom yang fatal karena menimbulkan kerusakan progresif pada sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, penderita amat rentan dan mudah terjangkit beberapa penyakit. Antara lain penyakit yang disebabkan berbagai jenis protozoa, cacing, jamur, bakteri, virus dan kanker. Karena banyaknya variasi penyakit yang menyerang penderita, AIDS disebut suatu sindrom.

Virusnya sendiri bernama HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia hingga akhirnya menimbulkan AIDS. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. HIV menyerang sel-sel darah putih sistem kekebalan tubuh. Sel yang bernama limfosit ini bertugas menangkal infeksi yang menyerang tubuh manusia. Sel ini juga disebut sel T-4, atau sel T penolong (T-helper). Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan

Masa inkubasi HIV biasanya antara 5-7 tahun. Selama itu, penderita tidak memperlihatkan gejala-gejala, meski jumlah virus HIV semakin banyak dan sel T-4 semakin habis. Semakin kecil jumlah sel T-4, semakin rusaklah fungsi sistem kekebalan tubuh. Artinya, penyakit-penyakit yang semula tidak menyebabkan kelainan karena sistem kekebalan tubuh baik, berkembang menjadi parah. Penyakit-penyakit ini lazim disebut infeksi oportunistik. Pada saat sistem kekebalan tubuh seseorang dalam keadaan rusak, pengidap HIV mulai menampakkan gejala-gejala AIDS.

Jadi jika seseorang sudah terinfeksi virus HIV, bukan berarti dia sudah terkena AIDS. Masih ada fase-fase atau tahap seseorang dikategorikan AIDS. Dengan gaya hidup sehat, jarak waktu antara infeksi HIV dan menjadi sakit karena AIDS dapat berkisar antara 10-15 tahun, kadang-kadang bahkan lebih lama. Terapi antiretroviral dapat memperlambat perkembangan AIDS dengan menurunkan jumlah virus (viral load) dalam tubuh yang terinfeksi. Cara terbaik untuk mengetahui apakah sesorang mengidap HIV adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan melalui test darah. 

Selaku generasi muda, sudah saatnya kita membuka wawasan tentang bahaya HIV/AIDS. Jangan lagi menganggap permasalahan ini sebagai hal yang tabu untuk dibahas. Perlu kita ketahui bersama AIDS mudah tertular, kebanyakan orang terinfeksi lewat transfusi darah yang sudah tercemar HIV semisal penyuntikan obat, imunisasi, pemakaian alat tusuk yang menembus kulit, misalnya alat tindik, tato, hubungan seks, transfusi darah, penggunaan bersama jarum terkontaminasi melalui injeksi obat dan dalam perawatan kesehatan, antara ibu dan bayinya selama masa hamil, kelahiran dan masa menyusui.

HIV tidak menyebar melalui gigitan nyamuk atau gigitan serangga lainnya. Bahkan bila virus masuk ke dalam tubuh nyamuk atau serangga yang menggigit atau mengisap darah, virus tersebut tidak dapat mereproduksi dirinya dalam tubuh serangga. Karena serangga tidak dapat terinfeksi HIV, serangga tidak dapat menularkannya ke tubuh manusia yang digigitnya.

HIV juga tidak ditularkan oleh kontak sehari-hari dalam kegiatan sosial, di sekolah, ataupun di tempat kerja. Anda tidak dapat terinfeksi lantaran anda berjabat tangan, berpelukan, menggunakan toilet yang sama atau minum dari gelas yang sama dengan seseorang yang terinfeksi HIV, atau terpapar batuk atau bersin penyandang infeksi HIV.

Hukuman sosial bagi penderita HIV/AIDS (ODHA), umumnya lebih berat bila dibandingkan dengan penderita penyakit mematikan lainnya. Terkadang hukuman sosial tersebut juga turut tertimpakan kepada petugas kesehatan atau sukarelawan, yang terlibat dalam merawat orang yang hidup dengan ODHA. Maka dari itu kawan buka pikiran kita, jangan terlalu sempit menganggap ODHA harus dihindari, ditakuti ataupun dikucilkan. Stigma negatif dari masyarakat sudah merupakan pukulan hebat buat mereka, dari cibiran, hinaan hingga pengusiran pernah dialami oleh mereka. Padahal tidak semua ODHA adalah kesalahan dari mereka sendiri, bisa jadi karena mereka tertular dari tranfusi darah, turunan dari Ibu atau jarum suntik. Apalagi HIV/AIDS masih belum ditemukan cara penanggulangannya, baru sebatas tindakan preventif. Nah hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah kikislah terlebih dahulu stigma negatif dari pikiran kita tentang ODHA. Jika kalian sudah menghilangkan pikiran negatif, kalian akan mengerti dengan sendirinya bagaimana cara selanjutnya menghadapi ODHA.

Sourch : Wikipedia, aidsindonesia.or.id, Komunitas Aids Indonesia.

*diterbitkan di Mading IRN KOMAHI edisi 4*

One thought on “Apa sih HIV/AIDS ??

  1. Ping-balik: Apa siih HIV AIDS itu? « aprilinmonica

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s