SNSD (Girls’ Generation) History

Masih dalam suasana “4th Anniversary SNSD” , aku mau ngepost tentang sejarah pembentukan SNSD yang ternyata cukup rumit. Ya seperti kita tahu bahwa proses seseorang yang ingin menjadi ‘idol’ tentu tidak mudah, tahapnya yaitu melalui audisi ataupun casting, kemudian jika lolos akan menjadi trainee, dan akhirnya debut. Dan selama masa training juga mengalami pelatihan yang cukup keras dan tentunya waktu yang lama. Nah hal ini jugalah yang dialami oleh SNSD, karena SNSD yang sekarang kita kenal dengan jumlah 9 orang ini harus melalui beberapa fase pada awalnya.

SM Girl Group Project – Showcase 1

Member: Lee Yeon Hee, Hwang Bo-Ra, Bae Seok Bin, Zhang Liyin, Jessica Jung, Kim Hyo Yeon, Kwon Yuri, Choi Soo Young, Im Yoon Ah, Seo Joo Hyun, Kim Ye Jin

Leader: Lee Yeon Hee [1988], Maknae: Kim Ye Jin [1993]

Pada tahun 2005, SM Entertaiment menerbitkan Super Junior dan SM mempunyai rencana untuk menerbitkan Girl Band sebagai pendamping Super Junior dan berencana untuk membuatnya dengan jumlah 11 orang yang di ambil dari murid trainee senior (yang udah bertahun-tahun training di SM).

Dari Kiri-Kanan: SeoHyun, Yuri, Bora, Seokbin, Yejin, SooYoung, Liyin, Hyoyeon, Jessica

Tapi konsep ini nggak berlangsung lama, karena terjadi revisi pertama. Dari 11 member, hanya ada 6 orang yang bertahan dari grup ini.

Member Keluar: Lee Yeon-hee, Hwang Bo-ra, Bae Seok-bin, Zhang Liyin, Kim Ye-jin.

Yang bertahan hanya Jessica Jung, Kim Hyoyeon, Kwon Yuri, Choi Sooyoung, Im Yoona, dan Seo Joohyun.

Member masuk: Seo Hyun-jin, Park So-yeon, Stella Kim, Jang Ha-jin, Lee Hwan-hee

SM Girl Group Project – Revision 1

Member: Seo Hyun jin, Park So yeon, Jessica Jung, Kim Hyo yeon, Kwon Yuri, Choi Soo Young, Stella Kim, Im Yoon Ah, Jang Ha-jin, Seo Joo hyun, Lee Hwan hee

Leader: Seo Hyun-jin (1985) | Maknae: Lee Hwan hee (1991)

Dalam konsep ini ada penambahan 5 anggota baru yaitu Seo Hyunjin, Park Soyeon, Stella Kim, Jang Hajin, Lee Hwanhee. Sebelum masuk grup ini, Seo Hyunjin adalah main vokal dan maknae dari grup M.I.L.K, sayang grup ini bubar. Lalu ada juga Stella Kim turunan Korea-America, dia bukan hanya didaulat sebagai main vokal tapi juga akan dijadikan “image/visual” grup. (Udah cantik suaranya bagus pula)

Tapi karena alasan tertentu, SM lalu mengganti member yang paling tua (Seo Hyunjin) dan member yang termuda (Lee Hwanhee). Mereka digantiin oleh trainee yang relatif sangat baru yaitu Kim Taeyeon dan Stephanie Hwang. Pada saat itu Taeyeon dan Stephanie baru dilatih sekitar 2 tahun.

Member Keluar: Seo Hyun Jin , Lee Hwan hee

Member Masuk: Kim Tae Yeon dan Stephanie Hwang

SM Girl Group Project – Revision 2

Members: Park So yeon, Kim Tae yeon, Jessica Jung, Stephanie Hwang, Kim Hyoyeon, Kwon Yuri, Choi Sooyoung, Stella Kim, Im Yoon Ah, Jang Ha jin, Seo Joo hyun

Leader: Park So yeon (1987) | Maknae: Seo Joo hyun (1991)

Pada konsep ini, telah mendekati konsep Super Junior. Para netizen Korea bahkan menamakannya proyek SUPER GIRLS. Bahkan oleh SM, grup ini telah dibuat foto kelompok.

Atas: Stephanie, Soyeon, Hajin, Taeyeon, Hyoyeon, Sooyoung
Bawah: Yuri, Yoona, Stella, Jessica, Seohyun.

Pada konsep ini Soyeon ditunjuk sebagai leader karena dia yang paling tua dia antara yang lain, dan Seohyun menjadi maknae. Vokalis utamanya adalah Soyeon, Taeyeon, Jessica, Stephanie, Stella, dan Seohyun. Penari utama Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, dan Yoona. Sementara yang dijadikan “image” adalah Jessica, Stella, Yoona, dan Hajin.

Kim Taeyeon dan Stephanie Hwang bergabung dengan SM pada tahun 2004. Taeyeon memenangkan the Best Singer Grand Award on 2004 SM 8th Annual Best Contest. Park Soyeon juga memenangkan kontes yang sama pada tahun 2005.

Namun akhirnya Stella Kim dan Jang Ha jin dikeluarkan dari konsep. Ada rumor mengatakan kalau keahlian menari mereka kurang. Dan juga beberapa kabar mengatakan orang tua Stella menuntut Stella mendapat prestasi di sekolahnya sebelum debut.

Member keluar: Stella Kim, Jang Ha Jin

Member masuk: Lee Soon Kyu, Lee Hwan Hee, Heo Chan Mi

SM Girl Group Project – Revision 3

Member: Park So yeon, Kim Tae yeon, Jessica Jung, Lee Soon kyu, Stephanie Hwang, Kim Hyoyeon, Kwon Yuri, Choi Soo Young, Im Yoon Ah, Seo Joo hyun, Lee Hwan hee, Heo Chan mi

Leader: Park So-yeon (1987) | Maknae: Heo Chan-mi (1992)

Pada revisi ketiga ini masuk Lee Soonkyu, Lee Hwanhee, dan Heo Chanmi. Soonkyu direkrut berkat rekomendasi dari anak SM TOWN Ahyoomi (member M.I.L.K yang sekarang dikenal dengan nama Iconiq). Sebelumnya Soonkyu telah berlatih diperusahaan yang sama dengan penyanyi Wheesung, sayang perusahaannya bangkrut. Lee Hwanhee kembali direkrut ke dalam grup. Heo Chanmi bergabung sebagai maknae di grup.

Pada konsep ini, berisi 12 member, lebih banyak dari konsep awal yang hanya dibuat untuk 11 member. Pada titik ini (sekitar tahun 2006). Banyak sekali prediksi dari publik tentang siapa yang akan dikeluarkan dari konsep. Bahkan di situs Daum dan Naver memposting ini >>prediksi line-up<< dengan Lee Soon-kyu menjadi “mysterious trainee”.

Atas kiri-kanan: Chanmi, Soonkyu, Hyoyeon, Yuri, Soyeon, Hwanhee, Stephanie.
Bawah kiri-kanan: Taeyeon, Seohyun, Yoona, Jessica, Sooyoung.

Atas kiri-kanan: Hwanhee, Hyoyeon, Taeyeon, Jessica, Soyeon, Chanmi

Bawah kiri-kanan: Seohyun, Soonkyu, Yoona, Yuri, Sooyoung

Atas kiri-kanan: Yuri, Soonkyu (Sunny), Hyoyeon, Sooyoung

Bawah kiri-kanan: Chanmi, Jessica, Yoona, Juhyun (Seohyun), Taeyeon

Atas kiri-kanan: Stephanie (Tiffany), Taeyeon, Jessica, Hyoyeon, Sooyoung

Bawah kiri-kanan: Soyeon, Yuri, Yoona, Soonkyu (Sunny), Juhyun (Seohyun)

Foto ketiga berjumlah 9 member tapi bukan Tiffany melainkan Chanmi. Dan Pada foto yang terakhir Lee Hwanhee dan Heo Chanmi tidak diikutsertakan dalam foto grup. Pada konsep ini SM berencana membuat 10 member. Sayangnya sang leader dan main vokal Soyeon malah mengundurkan diri karena tidak kuat dengan “keras”nya pelatihan. Kalian juga pasti pernah dengar tentang Taeyeon yang pernah kabur karena pelatihan SM sangat “keras” kan (Tapi akhirnya Taeyeon balik lagi!)

Member Keluar: Park So yeon, Lee Hwan hee, Heo Chan mi

Member Masuk: Tidak ada

SM Girl Group Project – Final Roster

Members: Kim Tae-yeon, Jessica Jung, Lee Soon kyu (Sunny), Stephanie Hwang (Tiffany), Kim Hyo yeon, Kwon Yuri, Choi Soo-young, Im Yoon Ah, Seo Joo hyun (Seohyun),

Leader: Kim Tae-yeon (1989) | Maknae: Seo Ju-hyun (1991)

Dan akhirnya kita semua tau hasil terakhir dari konsep grup ini. Grup 9 perempuan ini diberi nama “‘소녀 시대” (So Nyuh Shi Dae) yang secara harafiah diartikan “Era Gadis-gadis”. Asal kalian tau, awalnya para gadis ini kaget dengan nama grup mereka yang terkesan sangat kuno. Bahkan saat nama grup ini diumumkan ke publik Korea, mereka sempat bingung dan geli dengan nama So Nyuh Shi Dae. Untung saja SNSD ini punya nama Inggris yang berarti “Girls’ Generation”.

Nama So Nyuh Shi Dae sendiri diambil dari lagu Lee Seung Chul yang berjudul ‘So Nyuh Shi Dae’ dan yang menarik lagu ini menjadi hits pada tahun 1989 yang juga merupakan tahun kelahiran sebagian member SNSD.

kalau dilihat lagi member SNSD yang bertahan dari awal sampe akhir ada 6 orang yaitu : Jessica, HyoYeon, Yuri, SooYoung, YoonA, SeoHyun.

Salut sama mereka bisa bertahan ampe sekarang, dan gak sia-sia perjuangan mereka, karena sekarang mereka sudah terkenal di seluruh dunia dengan S♥NE yang selalu setia mendukung mereka.

SNSD debut dengan lagu “Into the New World” pada 5 Agustus 2007 di program musik SBS Inkigayo, dan mendapat kemenangan pertama pada 11 Oktober 2007 di M! Countdown.

Nine people who are very different from each others, have now become one.

– Choi Sooyoung (GDA 091210)

Source: snsdkorean

+++++

Dan bagaimana keadaan dari gadis-gadis “calon SNSD” sekarang:

– Lee Yeonhee akhirnya lebih memilih jalur akting ketimbang menjadi penyanyi dan pada tahun 2004 dalam drama Sea God adalah debut pertamanya. Film ‘Millionaire First Love’, and ‘Hello! Schoolgirl‘ adalah film yang dibintanginya dan juga drama ‘East of Eden’. Yeonhee pernah berpartisipasi dalam lagu No.1 bersama Super Junior di album Sorry Sorry.

– Hwang Bora juga lebih memilih jalur akting dan pernah bermain dalam film “Jumunjin” bersama Kim Kibum SJ. Saat ini Hwang Bora tidak berada dibawah agensi SM.

– Zhang Li Yin/ Jang Ri In memilih menempuh menjadi penyanyi solo ketimbang di grup, dan debut pada tahun 2006.

– Kim Yejin masih terdaftar sebagai trainee. Dia pernah menjadi model di MV A.MI.GO milik SHINee.

– Seo Hyun Jin memilih berkarir di jalur akting, dan pernah menjadi pemeran wanita utama di film DBSK “Dating On Earth”. Namun Hyunjin masih sering bernyanyi dan merilis empat OST dan hadir pada album kompilasi SM Ent.

– Stella Kim yang hampir menjadi member SNSD paling ‘perfect’ (mascot dan main vokal) memilih melanjutkan studinya di New York University (NYU). Stella Kim juga pernah membuat ELF heboh setelah foto-fotonya dengan Siwon beredar dan digosipkan berpacaran dengan Siwon SJ. Sampai saat ini Stella masih terus berhubungan baik dengan member SNSD, terutama Sooyoung. Stella bahkan turut andil dalam penulisan lagu “How Great is Your Love” yang ditulis Sooyoung (Stella’s Twitter @hk_diary)

– Jang Ha Jin juga akhirnya memilih melanjutkan studinya, dan kini dia sedang menempuh pendidikan di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan beberapa waktu lalu dirinya sempat menjadi Bintang Tamu Spesial di SBS ‘Morning Wide’, Di acara itu Hajin menceritakan tentang dirinya yang hampir menjadi member SNSD dan sudah melakukan recording beberapa lagu. Jang Hajin merilis sebuah autobiografi yang berjudul “소원을 말해 봐 (Tell Me Your Wish)”. Buku ini menceritakan tentang masa trainingnya di SM dan menjadi bagian dari sebuah proyek girlgroup, dan tentang hubungannya dengan member SNSD.

– Park Soyeon memilih meninggalkan grup pada awal 2007, dan 2 tahun berikutnya Soyeon debut di bawah label Core Content Media sebagai main vocal dari girlgroup T-ara. (Soyeon’s Twitter @sohotmelody)

– Heo Chanmi akhirnya pindah agensi ke Core Content Media, agensi yang sama dengan T-ara dan debut pada tahun 2010 bersama Boy Girl Band Co.Ed School dan Co. Ed Subgrup 5dolls. Chanmi yang pernah didaulat sebagai maknae SNSD mengatakan “aku ditraining cukup lama dan sudah berpartisipasi dalam beberapa lagu SNSD bahkan sudah melakukan photoshoot. Sejak aku masih muda aku tidak pernah terpikir akan mampu debut dengan mereka. Bagaimanapun aku mengerti karena aku tau tidak mudah pada masa training. Aku selalu mendukung SNSD Unnies dan berharap mereka menjadi yang terbaik”.  (Chanmi’s Twitter @5dolls_chanmi)

– Lee Hwan Hee akan segera debut pada tahun 2012 sebagai penyanyi solo dengan stage name “Fawney”. Hwan Hee juga terlibat pembicaraan mengenai dirinya yang hampir debut dengan SNSD, “aku kira aku dalam posisi yang tidak pasti. Aku tidak berpikir aku adalah seorang penari yang baik dan seluruh anggota SNSD benar-benar menarik dan cantik.” Hwan Hee terdepak dari SNSD karena kemampuannya dinilai kurang pada saat itu. Selama masa training, Hwan Hee bersahabat dengan Seohyun karena mereka lahir di tahun yang sama.

7 thoughts on “SNSD (Girls’ Generation) History

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s